Penyebab Kenakalan Remaja dan Solusinya

Remaja menjadi tahap yang sangat kritis pada masa pertumbuhan manusia. Semua orang dewasa yang sudah melewati remaja mengatakan jika kenakalan remaja adalah hal yang lumrah.

Tapi tentu tidak bagi orang tua karena kenakalan remaja dianggap hal yang tidak tepat. Remaja memiliki dorongan yang kuat untuk menumbuhkan prestasi dan bukan kenakalan.

Kenakalan remaja adalah tindakan atau perilaku remaja yang dianggap tidak tepat atau tidak sesuai dengan aturan yang berkembang di keluarga, masyarakat dan sekolah.

Beberapa orang memang menganggap bahwa kenakalan remaja sebagai hal yang wajar asalkan masih bisa diterima. Tapi beberapa bentuk kenakalan remaja juga dianggap sudah sangat tidak wajar karena meresahkan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Lalu apa penyebab kenakalan remaja dan solusinya? Simak ulasan berikut ini.

  1. Krisis Identitas

Pernahkah Anda mendengar seorang remaja yang berusaha mencari jati diri? Nah inilah yang dinamakan dengan kriris identitas.

Saat remaja maka mereka tumbuh menjadi dua pribadi yang berbeda. Tubuh remaja akan mengalami perubahan karena faktor hormon sehingga mereka menjadi lebih besar secara biologis.

Kemudian secara sosiologis ternyata remaja ingin keberadaannya diakui oleh orang di sekitarnya. Inilah yang membuat remaja mengalami krisis idenditas dan kepercayaan diri.

Jika seorang remaja merasa tidak diakui atau merasa tidak dipercaya maka mereka akan menunjukkan kenakalan sebagai bukti bahwa mereka ada. Nah inilah yang akhirnya membuat kenakalan remaja.

Solusi:

  • Remaja perlu mendapatkan pembinaan dari keluarga, sekolah dan masyarakat.
  • Remaja perlu mendapatkan didikan untuk meraih prestasi baik di lingkungan sekolah dan luar sekolah.
  • Diskusi dengan orang tua, guru dan tokoh masyarakat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri.
  1. Tidak mampu mengontrol diri

Remaja yang memang tidak bisa mengontrol diri mereka secara psikis biasanya akan menjadi nakal. Kenakalan ini terjadi karena remaja ingin dianggap berpengaruh pada lingkungan dan keluarga.

Dampaknya sangat besar karena remaja tidak mau melihat lagi mana yang benar dan mana yang salah. Remaja tidak bisa mengatur ke arah mana mereka harus berjalan sehingga akhirnya mereka menjadi sangat nakal.

Bagi remaja yang tahu perbedaan tindakan yang tepat dan tidak tepat biasanya tidak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan.

Solusi:

  • Anak remaja perlu mendapatkan bimbingan dari orang tua untuk mengetahui mana yang salah dan mana yang benar.
  • Orang tua perlu mengarahkan tingkah laku anak ketika mereka berbuat kesalahan.
  • Remaja harus diberitahu secara halus tentang tingkah laku mereka.
  1. Pengaruh faktor di luar psikis remaja

Remaja tumbuh dari mulai lingkungan keluarga dan juga masyarakat. Ini yang menyebabkan remaja memiliki dua lingkungan yang berbeda.

Namun kedua lingkungan ini bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terutama untuk kenakalan remaja.

Ada banyak pemicu yang berasal dari faktor luar ini termasuk seperti keluarga dengan komunikasi yang buruk, pertengkaran dan perceraian orang tua, kebiasaan orang tua yang memanjakan anak, pendidikan agama yang tidak benar, dan anak sering tidak dianggap ada.

Solusi:

  • Orang tua harus membiasakan komunikasi yang baik dengan anak yang sedang tumbuh remaja.
  • Orang tua tidak boleh bertengkar di depan anak atau harus bisa menyimpan masalah pribadi dengan pasangan.
  • Orang tua bisa memberi nasehat anak dengan baik dan tetap hormat.
  • Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan bersama untuk keluarga.
  • Keluarga menyediakan lingkungan yang baik untuk anak dan memberi dukungan pada anak untuk semua keputusan positif anak.

Itulah berbagai penyebab kenakalan remaja dan solusinya. Karena ini masalah yang sangat berat sehingga orang tua, guru dan masyarakat harus memberi dukungan pada setiap anak yang tumbuh menjadi remaja.

Sumber referensi:

Kenakalan Remaja dan Solusinya.

Faktor Penyebab dan Solusi Kenakalan Remaja

Leave a Comment