Jenis-Jenis Masalah pada Kesuburan Wanita

Tingkat kesuburan wanita bisa menentukan akan hamil atau tidak. Biasanya masalah ini baru diperhatikan ketika sudah menikah dan tidak kunjung hamil.

Kesuburan pada wanita harus mendapatkan pemeriksaan dari dokter kebidanan dan kandungan.

Ada banyak masalah yang bisa menyebabkan wanita sulit hamil termasuk beberapa gangguan kesuburan.

Berikut ini adalah jenis-jenis masalah kesuburan wanita.

  1. Gagal ovulasi

Saat ovulasi maka sel telur yang dikeluarkan oleh indung telur tidak akan sempurna. Bisa saja sel telur terlalu sedikit dan tidak ada sel telur yang matang.

Ini juga akan mengganggu kesuburan karena tidak bisa hamil. Gagal ovulasi juga bisa terjadi karena siklus ovulasi yang tidak teratur.

Masalah ini bisa disebabkan karena sistem reproduksi yang tidak sehat, gangguan pada kelenjar pituari dan juga pada rahim.

  1. Penyakit PCOS

Wanita yang menderita penyakit PCOS juga akan sulit untuk hamil. Hal ini karena tubuh tidak bisa menghasilkan hormon yang mendukung sistem reproduksi secara seimbang.

Wanita yang terkena PCOS bisa mengalami masalah saat menstruasi seperti jarang menstruasi atau menstruasi yang terlalu lama.

Kemudian gangguan kesuburan bisa juga disebabkan karena dampak PCOS seperti obesitas, diabetes, kista rahim, dan rusaknya indung telur.

  1. Gangguan kelenjar pituari

Wanita yang menderita gangguan pada kelenjar pituari bisa sangat sulit hamil atau dinyatakan tidak subur.

Hal ini karena kelenjar pituari bisa membantu proses ovulasi yang normal dan menghasilkan hormon penting untuk kesuburan seperti luteinizing.

Jika terjadi masalah kesehatan pada kelenjar pituari maka akan menyebabkan gangguan hormon, stres, obesitas dan tubuh yang sangat lelah.

  1. Gangguan fungsi ovarium

Masalah kesuburan juga bisa disebabkan karena gangguan pada ovarium. Gangguan ini bisa terjadi karena masalah imunitas sehingga ovarium tidak bisa berfungsi secara normal.

Biasanya wanita dengan gangguan ovarium akan sulit hamil karena beberapa masalah tersebut.

Wanita yang memiliki masalah pada ovarium juga cenderung memiliki gangguan hormon sehingga penyebab tidak subur menjadi lebih kompleks.

  1. Tuba falopi rusak

Salah satu syarat kehamilan adalah memiliki tuba falopi yang sehat dan normal. Ini karena pertemuan sel sperma dan sel telur akan melewati tuba falopi yang selanjutnya akan dibawa ke rahim dalam bentuk embrio.

Ada banyak hal yang bisa membuat tuba falopi menjadi tidak normal seperti tuba falopi yang tersumbat, kerusakan tuba falopi karena operasi atau cedera dan lengketnya tuba falopi.

Gangguan ini juga bisa disebabkan oleh masalah seperti infeksi penyakit kelamin (gonore dan klamidia), infeksi penyakit menular seksual, operasi akibat hamil ektopik dan infeksi pada saluran tuba falopi.

  1. Penyakit endometriosis

Penyakit lain yang akan membuat wanita sulit hamil adalah endometriosis. Penyakit ini terjadi karena terbentuknya atau tumbuhnya jaringan parut pada bagian rahim dan juga bagian saluran reproduksi yang lain.

Bahkan jaringan endometriosis juga bisa tumbuh di bagian tuba falopi sehingga menyebabkan penyumbatan.

Gejala yang sering terjadi akibat endometriosis seperti menstruasi yang tidak teratur, nyeri haid yang sangat parah dan kerusakan rahim.

  1. Kelainan rahim

Kelainan rahim yang terjadi pada beberapa wanita juga menyebabkan masalah kesuburan. Ini karena embrio hasil dari pembuahan sel sperma dan sel telur akan tumbuh di bagian rahim sampai menjadi janin lalu bayi yang sempurna.

Ada beberapa kelainan para rahim yang membuat wanita sulit hamil seperti pertumbuhan kista rahim, kanker rahim, fibroid dan polip rahim.

Bahkan ada kelainan  bentuk rahim yang akan membuat wanita sulit untuk hamil secara normal.

  1. Kelainan serviks

Ada beberapa wanita yang mengalami masalah pada bagian serviks sehingga juga tidak bisa hamil dengan mudah. Misalnya stenosis serviks dimana ini akan merusak area serviks akibat leher rahim yang menyempit.

Kelainan ini biasanya sejak lahir dan terkadang bisa membuat serviks tidak bisa menghasilkan lendir yang mendorong sel sperma masuk.

  1. Menopause dini

Wanita yang mengalami menopause dini dan bukan lagi tahap pra menopause juga akan sulit hamil.

Ini karena sudah tidak ada lagi sel telur yang diproduksi sehingga tidak mungkin bisa hamil.

Gangguan ini bisa menyebabkan wanita mandul di usia yang masih muda.

Ternyata ada beberapa jenis-jenis masalah pada kesuburan wanita yang harus diperhatikan. Jika masalah ini segera ditemukan setelah menikah maka segera konsultasikan dengan dokter yang merawat.

Sumber referensi:

https://www.babycenter.com/0_common-causes-of-fertility-problems-in-women_1228906.bc

Leave a Comment