Ciri Rumah Tangga Bahagia

Rumah tangga dibangun atas dasar pertemuan suami dan istri yang mengikat tali pernikahan. Kemudian ketika sudah menikah juga akan lahir keturunan yang lucu dan menyenangkan.

Kebahagiaan dalam rumah tangga menjadi kunci utama untuk semua anggota keluarga. Rumah tangga yang bahagia tidak hanya tergantung pada suami atau istri saja, tapi juga pada semua anggota keluarga.

Lalu adakah tanda khusus dari rumah tangga yang bahagia? Tentunya banyak ciri rumah tangga bahagia, seperti dibawah ini.

  1. Saling memberikan perhatian

Salah satu ciri rumah tangga yang bahagia adalah ketika semua orang dalam keluarga bisa saling memberikan perhatian.

Perhatian bisa dilakukan dengan banyak cara termasuk memberi ucapan selamat atau ucapan yang lain. Sesama anggota keluarga akan saling menanyakan mengenai hari yang sudah dijalani.

Beberapa orang dalam rumah tersebut juga saling mendukung dan membantu dengan semua kesulitan.

  1. Saling berkomunikasi

Rumah tangga yang bahagia juga dilengkapi dengan komunikasi yang cukup ideal. Saat ini komunikasi tidak harus bertemu langsung tapi bisa melalaui SMS, aplikasi chatting atau video call.

Jadi tidak halangan jarak untuk berkomunikasi sesama anggota keluarga. Komunikasi juga tidak terkalahkan oleh ponsel dimana kebiasaan berkomunikasi bisa jarang dilakukan.

Jadi tetap aktif untuk berkomunikasi bisa menjadi cermin keluarga yang bahagia.

  1. Memberikan kehangatan

Sesama anggota keluarga juga harus bisa saling menunjukkan kehangatan. Banyak cara yang bisa dilakukan agar terlihat hangat antar keluarga.

Misalnya seperti berpelukan, memberi ciuman hangat atau sekedar mengelus pundak. Kebiasan ini bisa dilakukan dari orang tua ke anak atau sebaliknya, kakak ke adik dan semua hubungan dalam keluarga.

Meskipun ini tindakan yang sangat sederhana tapi ternyata maknanya memang sangat besar.

  1. Saling memberikan dukungan

Dalam rumah tangga yang bahagia maka semua orang dalam keluarga itu juga akan saling memberikan dukungan.

Suami memberikan dukungan ke istri atau sebaliknya, dan dukungan kepada saudara dalam keluarga.

Dukungan tidak harus diwujudkan dengan harga atau benda tapi bisa juga hanya dengan memberi ucapan selamat.

Kebiasaan memberikan dukungan ini juga membuktikan seberapa besar bukti kasih sayang antar anggota keluarga.

  1. Ada kepedulian

Banyak keluarga dengan anggota keluarga yang sibuk tidak bisa bersikap saling peduli. Akibatnya setiap orang dalam keluarga itu bersikap sangat egois.

Namun dalam rumah tangga yang bahagia maka sikap kepedulian selalu ada di garis depan. Rasa peduli bisa ditunjukkan dengan tindakan yang baik seperti bertanya, memberikan dukungan dan bahkan memberikan kritikan.

Apapun komentar dalam keluarga  berarti ada rasa saling peduli dan ada rasa menerima dari tindakan saling peduli ini.

  1. Memberikan ucapan

Sekedar memberikan ucapan ternyata sangat baik untuk membantu keluarga menjadi lebih sempurna.

Ada banyak ucapan yang bisa terjadi dalam keluarga seperti ketika ada yang berhasil mencapai tujuan, ulang tahun dan juga ucapan untuk kejadian yang kurang menyenangkan.

Dengan kebiasaan saling memberikan ucapan ini juga membuat rasa sayang terungkapkan. Anak-anak yang dididik dengan kebiasaan ini bisa menjadi pribadi yang menyenangkan saat dewasa.

  1. Terbuka dan jujur

Dalam sebuah rumah tangga yang bahagia juga ditemukan kejujuran dan sikap yang sangat terbuka. Suami dan istri tidak saling menyimpan rahasia dan kebohongan.

Termasuk juga antara anak ke orang tua dan atau anak ke anak yang lain.

Jujur dan terbuka akan membuat rumah tangga menjadi sangat hangat karena tidak ada yang perlu ditutupi dengan kebohongan.

  1. Dukungan spiritual yang baik

Keluarga yang bahagia sebaiknya juga didukung dengan tindakan spiritual yang baik. Dalam keluarga yang seperti ini akan tumbuh menjadi keluarga yang menyenangkan dan bahagia.

Daya spiritual juga benteng untuk mendidik anak agar tidak melewati batas atau norma di masyarakat.

Jadi ternyata seperti itulah ciri rumah tangga bahagia yang bisa Anda terapkan. Untuk mencapai rumah tangga yang bahagia memang membutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga untuk semua anggota keluarga.

Sumber referensi:

https://www.kesq.com/lifestyle/healthy_families/8-characteristics-of-a-happy-family/513190446

https://psychcentral.com/lib/5-habits-of-happy-families/

https://lifehopeandtruth.com/relationships/family/7-characteristics-of-healthy-families/

Leave a Comment