Ciri-Ciri Wanita Hamil

Bagi setiap pasangan yang sudah menikah tentu mengidamkan hadirnya seorang buah hati. Dimana sebelum buah hati terlahir di dunia, seorang wanita akan mengalami proses kehamilan yang biasanya justru tidak dirasakan.

Terutama bagi wanita yang mengalami proses kehamilan pertama. Namun di samping itu, Anda masih bisa mengetahui ciri-ciri wanita hamil baik dari segi fisik maupun non-fisiknya.

Di masa kehamilan setiap wanita akan mengalami perubahan secara hormonal. Dimana perubahan tersebut akan memicu adanya gejala yang dirasakan.

Meskipun gejala atau tanda-tanda kehamilan setiap wanita berbeda-beda. Namun, ada beberapa gejala umum yang dirasakan. Berikut ciri-ciri kehamilan yang patut Anda ketahui.

  1. Merasakan Mual dan Muntah-Muntah

Salah satu gejala yang sering dialami wanita hamil adalah mual dan muntah-muntah.

Hal ini disebabkan adanya perubahan kadar estrogen yang membuat kinerja pencernaan menjadi terganggu bahkan dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Biasanya mual dan muntah-muntah akan dirasakan di pagi hari. Dimana gejala ini sering dinamakan sebagai Morning Sickness.

  1. Pusing

Selain mual dan muntah-muntah, ciri wanita hamil juga dapat ditandai dengan munculnya rasa pusing tak kunjung reda.

Biasanya rasa pusing akan muncul bersamaan dengan rasa mual yang Anda rasakan.

  1. Hilangnya Nafsu Makan

Karena merasakan mual dan muntah-muntah, membuat wanita hamil akan kehilangan nafsu makannya. Selera makan menjadi turun akibat rasa tidak nyaman pada organ pencernaannya.

Hal ini disebabkan kondisi asam lambung yang meningkat sehingga memberikan efek mual dan rasa tidak nyaman di bagian perut. Selain itu, lidah pun akan terasa lebih pahit sehingga tidak enak saat digunakan untuk makan.

  1. Mulut Terasa Lebih Asam

Ciri berikutnya akan ditandai dengan mulut yang terasa lebih asam dari sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh turunnya kadar estrogen yang membuat fungsi lidah menjadi menurun sebagai indra perasa.

Selain itu, biasanya wanita akan lebih suka mengkonsumsi makan-makanan yang manis dan asam.

  1. Adanya Rasa Terbakar Pada Dada

Heartburn atau rasa terbakar di bagian dada dan kerongkongan menjadi tanda bahwa wanita sedang dalam keadaan hamil.

Kondisi ini bisa terjadi akibat penurunan kadar estrogen yang menyebabkan valve atau katup penyekat antara lambung dengan kerongkongan terbuka dan menyebabkan asam dari dalam lambung keluar dan mengalir hingga ke kerongkongan.

  1. Perubahan Bentuk Payudara

Di awal kehamilan, Anda akan merasakan perubahan pada bentuk payudara. Payudara akan lebih sensitif jika tersentuh dan ukurannya pun juga bertambah besar.

Selain itu, saat payudara Anda pegang atau remas. Payudara akan terasa lebih kenyal dan berisi, puting pun juga semakin bengkak dan menjulan keluar.

Hal ini menjadi tanda persiapan bahwa payudara akan menampung air susu yang disediakan untuk sang buah hati yang akan terlahir nanti.

  1. Perut Terasa Kram

Rasa kram pada bagian perut ini hampir mirip saat Anda sedang datang bulan. Namun, jika datang bulan ditandai dengan keluarnya darah pada organ vagina.

Pada masa kehamilan, wanita tidak akan mengeluarkan darah haid sebagaimana biasanya.

  1. Tidak Kunjung Haid

Ciri yang paling mencolok pada wanita hamil adalah tidak kunjungnya datang haid. Meskipun sudah memasuki masa haid, namun nampaknya kondisi ini tidak kunjung datang dan justru Anda mengalami beberapa perubahan seperti yang telah disebutkan di atas.

  1. Merasakan Sakit di Bagian Punggung

Rasa sakit di bagian punggang sering menjadi pertanda datangnya kehamilan. Biasanya sakit di bagian punggung ini akan Anda rasakan terus hingga waktu kelahiran tiba. Namun, rasa sakitnya akan berbeda-beda pada setiap wanitanya.

  1. Adanya Perubahan di Orgam Intim

Perubahan pada organ intim ditandai dengan warna vagina yang lebih kemerahan bahkan keunguan. Hal ini terjadi akibat aliran darah yang lebih banyak terpompa ke bagian tersebut.

Selain itu, vagina pun juga akan mengeluarkan cairan berwarna putih yang mirip dengan keputihan. Namun, hal ini bukanlah keputihan yang sering Anda alami.

Cairan putih yang keluar dari lubang vagina merupakan hasil penebalan pada dinding uterus atau rahim.

  1. Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri wanita hamil juga dapat ditandai dengan seringnya buang air kecil. Saat rahim atau uterus mengembang, bagian ini akan menekan dan mendesak bagian kandung kemih.

Saat kandung kemih tertekan, maka urine tidak dapat tertampung secara maksimal dan menyebabkan wanita hamil lebih cepat buang air kecil.

  1. Sering Bersendawa dan Buang Gas

Karena fungsi pencernaan yang terganggu, membuat wanita hamil akan lebih sering bersendawa dan buang gas.

Meskipun tanda ini sering diisyaratkan sebagai gejala orang masuk angin, namun Anda perlu mengetesnya agar kehamilan segera diketahui dan tidak menimbulkan rasa kekwatiran.

  1. Mengalami Konstipasi

Konstipasi merupakan kondisi dimana pencernaan tidak bekerja sebagaimana mestinya yang membuat fases atau tinja menjadi lebih keras dan menyebabkan seseorang menjadi susah buang air besar.

Hal ini disebabkan adanya perubahan hormonal yang menyebabkan usus besar tidak bekerja secara maksimal. Selain itu, konstipasi juga akan menghambat pengeluaran fases sehingga perut terasa bugah dan sembelit.

  1. Muncul Diare

Diare merupakan salah satu gejala yang sering dialami akibat pertumbuhan kuman dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Namun, hal ini berbeda dengan kondisi yang di alami oleh wanita hamil. Dimana diare disebabkan oleh otot saluran pencernaan yang terdapat di dalam usus besar kehilangan kemampuannya untuk menyerap cairan akibat perubahan hormon yang terjadi.

Apabila gejala ini dibiarkan terus-menerus, maka akan menyebabkan dehidrasi yang dapat memperburuk kondisi janin dan ibunya.

Anda harus segera melakukan penanganan agar tidak terjadi hal-hal yang bisa membahayakan bagi ibu dan janinnya.

  1. Mudah Tersinggung dan Emosi

Saat wanita dalam kondisi hamil, biasanya mereka akan mengalami perubahan yang drastis baik dari fisik maupun moodnya.

Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon yang membuat mood wanita hamil lebih cepat berubah bahkan lebih cepat tersinggung dan emosi.

Perubahan mood yang drastis ini dipengaruhi oleh naik turunnya kadar hormon progesteron yang menyebabkan otak menghasilkan senyawa kimia yang memicu timbulnya rasa stress pada diri seseorang.

Gejala ini hampir sama dengan gejala wanita yang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome).

Bahkan menurut sebuah penelitian menyebutkan, jika 1 dari 10 wanita hamil akan mengalami stress dan depresi yang lebih tinggi dari wanita yang tidak dalam masa kehamilan.

  1. Mudah Lelah dan Mengantuk

Jika biasanya tubuh terasa lebih berstamina, maka untuk calon ibu hamil mereka akan merasakan yang namanya mudah lelah dan mengantuk.

Meskipun sudah banyak beristirahat dan tidur yang cukup, namun kondisi ini sering dialami bagi kebanyakan wanita hamil.

  1. Perut Terasa Keroncongan dan Terlihat Buncit

Gejala wanita hamil juga dapat ditandai dengan perut yang terasa keroncongan dan terlihat lebih buncit. Meskipun baru memasuki trimester pertama, namun perut akan terlihat lebih buncit dari sebelumnya.

Hal ini disebabkan adanya tumbukan gas sisa pencernaan yang kurang baik. Biasanya mereka akan merasakan perut keroncongan mirip dengan orang yang sedang kelaparan. Namun, selera untuk makan pun tidak ada sama sekali.

Dari ciri-ciri wanita hamil di atas Anda bisa memastikan bahwa Anda sedang hamil ataukah tidak. Namun, untuk memberikan hasil yang lebih akurat, silahkan periksa menggunakan testpack atau bisa juga dengan melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Leave a Comment