Bahaya Pergaulan Bebas

Anak – anak jaman sekarang atau yang juga dikenal dengan generasi millenial memiliki ancaman yang besar dari pergaulan bebas.

Banyak istilah yang mengancam anak seperti ketika tidak bergaul dengan bebas maka dikatakan tidak gaul sampai akhirnya tidak memiliki teman.

Ancaman bullying dari lingkungan juga sering memaksa anak masuk ke pergaulan bebas. Padahal pergaulan bebas bisa menyebabkan dampak yang sangat buruk untuk masa depan anak.

Berikut ini adalah bahaya pergaulan bebas yang bisa terjadi cepat atau lambat.

  1. Ancaman penyakit menular seksual

PMS menjadi ancaman yang sangat serius untuk anak yang menjalani pergaulan bebas. Hal ini merupakan dampak lain dari seks bebas pada remaja.

Remaja cenderung mencoba dan melanggar aturan mengenai norma ini.

Akibatnya bisa terkena penyakit kelamin seperti infeksi klamidia, HIV, AIDS, kanker serviks, kanker anus, dan kanker tenggorokan.

  1. Hamil diluar nikah

Gaya hidup seks bebas yang dijalani dalam pergaulan bebas juga bisa menyebabkan remaja perempuan mengalami kehamilan di luar nikah.

Ini akan merusak masa depan anak karena anak belum siap untuk menikah. Akibatnya anak akan berpikir pendek dengan aborsi.

Dampak aborsi sangat buruk karena secara medis aborsi tidak bisa dilakukan tanpa alasan medis yang dirujuk oleh dokter.

Akhirnya anak yang hamil akan mengalami keguguran, pendarahan, kerusakan sistem reproduksi, dan kematian karena prosedur yang tidak tepat.

Anak juga akan kehilangan masa depan karena tidak selesai sekolah dan malu untuk masuk ke lingkungan yang luas.

  1. Ancaman pemakaian narkoba

Anak yang menjalani pergaulan bebas juga bisa masuk ke dalam lingkungan pemakai narkoba. Akhirnya anak akan mengalami kecanduan terhadap narkoba.

Dampaknya sangat buruk untuk kesehatan termasuk risiko HIV, AIDS, penyakit menular seksual, kanker liver dan overdosis yang memicu kematian.

Anak juga akan berani melawan orang tua dan cenderung terpancing ke tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan dan kejahatan lain.

  1. Ancaman tindakan kriminalitas

Anak yang masuk ke lingkungan pergaulan bebas cenderung ingin terlihat loyal dan bersikap hura hura. Ini yang membuat anak menuntut uang saku yang lebih banyak.

Jika orang tua tidak bisa memberi maka biasanya anak melawan.

Jika tidak puas maka anak akan berusaha untuk mendapatkan uang dengan tindakan kriminalitas seperti mencuri, merampok bahkan tidak segan membunuh.

  1. Merusak keharmonisan keluarga

Ketika ada salah satu anak yang masuk ke dalam pergaulan bebas maka ini bisa menyebabkan dampak khusus pada keluarga.

Anak cenderung menarik diri dari keluarga dan menghindari pertemuan dengan keluarga.

Akhirnya orang tua saling menyalahkan dan bisa memicu emosi antara orang tua dan anak.

Anak juga tidak akan hormat lagi dengan orang tua sehingga keluarga menjadi tidak bahagia lagi.

  1. Kehilangan prestasi

Anak yang masuk ke dalam pergaulan bebas juga cenderung tidak menyukai sekolah dan aktifitas belajar. Biasanya anak merasa tidak ingin sekolah lagi dan lebih sering nongkrong bersama teman-teman mereka.

Anak mungkin pergi dari rumah ke sekolah tapi sebenarnya anak tidak sampai sekolah. Anak akan membolos dan cenderung bertindak brutal di sekolah.

Akibatnya anak tidak bisa konsentrasi untuk belajar akibat pergaulan bebas.

  1. Sikap arogan

Anak yang sudah masuk ke dalam pergaulan bebas biasanya juga cenderung bersikap arogan. Mereka ingin ditakuti, dihormati dan akhirnya bersikap sangat kasar.

Sikap arogan dan kasar ini biasanya ditunjukkan di luar rumah dan di dalam rumah. Anak tidak bisa bersikap hormat pada lingkungan.

Ini sangat berbahaya karena anak biasanya tidak mau menghormati orang lain.

  1. Melakukan tindakan berbahaya

Anak yang akhirnya sudah masuk ke pergaulan bebas biasanya juga bisa bersikap nekat dan melakukan berbagai tindakan berbahaya.

Tindakan ini bisa dipicu dari tindakan kriminal sampai bisa melakukan ancaman nyawa untuk orang lain.

Jadi itulah semua bahaya pergaulan bebas yang sangat penting untuk diperhatikan. Setiap orang tua hendaknya membatasi pergaulan anak agar tidak terlalu bebas sehingga aman dari bahaya tersebut.

Sumber referensi:

Bahaya Pergaulan Bebas

https://www.alodokter.com/lindungi-anak-kita-dari-bahaya-pergaulan-bebas

Leave a Comment